Apa itu Git, Mengapa harus menggunakan Git?

mengapa harus git

Git adalah salah satu version control system (distributed version-control system) untuk melacak perubahan pada kodingan (source code) selama pengembangan aplikasi. Git didesain untuk mempermudah koordinasi antar programmer ketika mengembangkan aplikasi. Coba bayangin aja kalau dalam 1 tim ada 20 orang programmer mengerjakan pengembangan aplikasi dan harus ngasih tau programmer lain ketika ada perubahan di kodingannya tanpa menggunakan git. Ribet banget, manual dan cukup memakan waktu, alias ngga efisien.

Mengapa harus Git?

Jawabannya sangat jelas, dengan git pekerjaan yang manual bisa dipangkas. Antar programmer dapat tiktok-an (koordinasi) tanpa harus via ngomong langsung, via chat, atau bahkan via phone. Dengan git semua perubahan sekecil apapun terdokumentasi. Hal ini seperti yang sudah digambarkan oleh git

Its goals include speeddata integrity and support for distributed, non-linear workflows.

source : wikipedia

Apakah aku sendiri sudah menguasai git ini? Jawabannya belum. Makanya ini aku tulis di sini, siapa tahu ada yang mau berbagi ilmu juga.

bitbucket

Aku biasanya pakai bitbucket karena dulunya ya ngikut ngikut aja. Pas pertama kali masuk ke tim development suatu start up, dikenalkan dengan subversion – svn, servernya svn kita punya sendiri. Kemudian seiring berjalannya waktu, cobalah pakai bitbucket untuk proyek sendiri, selain ngga perlu server sendiri, bitbucket punya fitur private repository.

Balik lagi ke git. Setelah baca baca lagi, ternyata git itu beda yah sama bitbucket atau github ?

github

Mengutip dari web sangat terkenal bagi kalangan programmer aka stackoverflow

Git adalah software yang diinstal di komputer kita untuk version control. Sedangkan Bitbucket atau github adalah version control service yang notabene datanya tersimpan di cloud. Tapi bitbucket dan github ini pakai syntax nya git yah. Habis ini aku coba baca baca lagi deh, sebenernya bedanya tuh dimana, lebih fleksibel yang mana? lebih bagus yang mana? dan mengapa harus git?

Kalau ada yang kurang cocok, mohon komentarnya cuy

Di kesempatan selanjutnya, aku coba menuliskan cara install git, apa itu bitbucket dan github

The following two tabs change content below.