Apa itu Telegram, Aplikasi chatting berbayar?

penasaran dengan telegram?

Haloo, kali ini kita akan bahas aplikasi telegram semakin menjamur bagi kalangan netizen. Sebenarnya apa itu telegram? Sebelum telegram muncul dalam dunia perchattingan sudah ada terlebih dahulu aplikasi chat yang terkenal, seperti whatsapp, line, facebook chat, kakaotalk. Nah pada tahun 2013, akhirnya si Pavel Durov meluncurkan aplikasi telegram ini, tepatnya pada tanggal 14 Agustus 2013. Hampir 7 tahun usia aplikasi ini, tetapi sudah banyak fitur yang membuat user enggan berpindah ke aplikasi chat lainnya.

Apa sih telegram itu?

Menurut FAQ yang sudah ane baca. Telegram merupakan aplikasi chat yang fokus terhadap kecepatan dan sekuriti. Penggunaan yang simpel, cepat dan ternyata free alias tidak berbayar membuat telegram semakin menjadi primadona bagi user. Berbeda dengan aplikasi Whatsapp yang harus melakukan backup secara berkala sehingga ketika ganti handphone, backup tersebut minimal terupdate. Aplikasi chat dengan semua histori chat terekam pada cloud. Jadi tidak perlu khawatir akan kehilangan histori chat yang penting. Jika tidak terupdate maka histori percakapan terakhir pada backup tersebut yang bisa terbaca. Selebihnya zonk, alias tidak ada histori nya.

apa itu telegram, aplikasi chat berbayar kah?

Bagaimana cara kerjanya?

Aplikasi chat milik Pavel Durov dan saudaranya ini menggunakan no handphone untuk otentikasinya. Mengapa? Karena untuk memudahkan user tidak perlu repot dengan mengingat password. Ketika user regis pada aplikasi telegram, cukup memasukkan no hp kemudian akan ada PIN 5 digit yang dikirimkan melalui no hp tersebut. User cukup memasukkan 5 digit PIN itu untuk verifikasi nya. Voila, kamu telah terdaftar sebagai user telegram. Aplikasi chat ini sendiri seperti kombinasi dari sms dan email.

Oh iya, Telegram dapat digunakan pada multi device secara simultan. Contohnya, kamu punya gadget android, IOS, tablet dan laptop. Pada keempat device tersebut kamu bisa menggunakan akun telegram yang sama secara berbarengan. Update nya pun juga realtime. Setelah kamu berhasil login pada 1 device, untuk login pada device yang lain, PIN verifikasi cukup dikirimkan pada chat telegram device utama.

Baca Juga :

  1. Cara mudah mengganti tema telegram
  2. Begini caranya membuat channel telegram
  3. Daftar telegram web dengan mudah

Fitur Utama

Beberapa fitur telegram yang disukai oleh user antara lain

Sistem Profil User
User memiliki 2 primary key yaitu no handphone dan username. Username yang disebut mirip” dengan Twitter, untuk memention username tersebut menggunakan awalan @. contoh @mbobs

Maksimal Upload File Ukuran 2GB
Dengan aplikasi ini, user dapat mengupload file hingga 2GB per file nya. lumayan bukan? Kamu bisa mengirim 1 file film HD ke group atau temanmu. Batas maksimal upload file hingga 2GB baru diupdate kemaren tanggal 26 Juli 2020 dalam blogpost nya, yang tadinya hanya 1.5GB.

Pin Post pada Grup
Sistem pin post sangat berguna untuk grup chat kamu. Ketika ada informasi penting dan harus dibaca oleh semua orang yang ada di grup, fitur ini sangat cocok. Ketika post penting di pin, ada pilihan untuk memberikan notifikasi ke seluruh anggota grup atau tidak.

Pengelompokkan Chat Personal Maupun Grup
Perbedaan yang mencolok Whatsapp adalah dalam aplikasi chat ini, kamu bisa mengelompokkan chat personal mu maupun chat grup. Jadi, lebih memudahkan kamu untuk mencari chat chat penting pada saat keadaan penting. Caranya gimana sih? Kamu bisa liat artikel Penasaran dengan Cara membuat chat folder nya di aplikasi telegram?

Ternyata menarik bukan aplikasi chat asal Rusia ini? Kamu belum sempat mencoba, langsung aja download ke sini.

Comments

  1. Pingback: Daftar telegram web dengan mudah - Catatan Mbobs

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *