Panduan Lengkap setting OBS dengan Aplikasi Zoom

Zoom-dan-OBS

Mungkin OBS sudah digunakan sejak dulu, terutama oleh para gamer. Karena sekarang pembelajaran, meeting, atau pun kegiatan lomba lomba diselenggarakan secara online. Nah, OBS Studio atau sering disebut OBS oleh khalayak umum bisa digunakan untuk mempercantik tampilan pada saat online.

Apa sih OBS itu?

Yuk kita kenalan dulu dengan OBS Studio ini. OBS Studio merupakan kepanjangan dari Open Broadcast Software Studio. OBS Studio secara khusus dipergunakan untuk video recording dan live streaming. Banyak platform streaming compatible dengan OBS Studio ini. Kamu dapat menggunakan software ini secara gratis karena lisensi open source. Jadi tenang, tidak perlu mempermasalahkan crack”an. wkwkwkwk.

Apa itu Aplikasi Zoom?

Sejak pandemi Covid-19, aplikasi zoom merupakan salah satu aplikasi yang paling populer tahun 2020 kategori video conference. Zoom merupakan aplikasi video conference dengan konfigurasi yang cukup mudah. User dapat langsung mempelajari dengan cepat interface zoom. Apakah Zoom berbayar? Untuk kebutuhan personal atau skala kecil Zoom menyediakan fitur basic nya secara gratis. Kamu dapat menggunakan zoom meetingnya dengan durasi 40 menit dengan kapasitas maksimal 100 orang. Jika lebih dari itu kamu dapat membeli fitur lengkapnya.

Bagaimana setting OBS dengan Zoom ?

Persiapan

  1. Pertama siapkan komputer atau laptop medium spesifikasi.
  2. Install Aplikasi OBS Studio, terlebih dahulu download file berikut OBS Studio
    Download OBS Studio
  3. Ikuti saja step by step installnya (install secara default setting) dan tunggu hingga selesai.
  4. Setelah selesai, install aplikasi Zoom jika belum ada di komputer atau laptop.
    Download Aplikasi Zoom
  5. Kemudian buka aplikasi OBS Studio dan aplikasi Zoom dan akan muncul tampilan seperti ini.
    Aplikasi ZoomOBS Studio
  6. Untuk aplikasi zoom, kamu harus punya akun terlebih dahulu dan sudah login di aplikasinya.

Oke, semuanya sudah siap. Saatnya menghubungkan OBS Studio dengan Zoom.

Menghubungkan OBS Studio dengan Zoom

  1. Start Aplikasi Zoom, dan pastikan dalam posisi standby.
    Preview Aplikasi Zoom
  2. Kemudian klik icon panah ke atas di samping kanan icon video. dan harusnya akan muncul pilihan OBS Camera seperti ini
    Zoom Meeting OBS Camera
  3. Jika hanya muncul 1 OBS Camera yaitu OBS Virtual Camera tidak jadi masalah, artinya driver OBS Camera sudah terinstall dengan baik. Jika ingin menggunakan lebih dari 1 pilihan bisa install secara terpisah OBS Cameranya. Bisa download di sini. Oh iya, istilahnya adalah Virtual Camera yaah.
  4. Setelah itu pilih OBS Virtual Camera pada konfigurasi video tersebut. Ketika sudah terceklis opsi OBS Virtual Camera, artinya Zoom sudah siap terhubung dengan OBS Studio dan akan muncul tampilan seperti ini.
    Zoom Meeting OBS
  5. Gambar di atas menandakan bahwa OBS Studio belum menjalankan virtual cameranya.
  6. Kemudian masuk ke aplikasi OBS Studio, jangan pusing dulu ada banyak panel di sana. Tenang nanti akan dibahas di artikel selanjutnya.
  7. Pertama kita akan setting webcamnya dulu. Klik tombol plus di bawah nya kolom Sources. Kemudian pilih Video Capture Device
    Video Capture Device OBS
  8. Sesuaikan Device webcam yang digunakan kemudian Pilih device tersebut dan klik OK.
    Properties Video Capture Device
  9. Klik Transition di tengah panel OBS Studio. Transition ini berfungsi untuk memindahkan tampilan preview ke tampilan program.
  10. Tampilan program nantinya tampilan yang muncul di zoom sebagai video kita.
Zoom-dan-OBS
Zoom-dan-OBS

Video Zoom yang terhubung dengan OBS Studio memiliki banyak kreasi antara lain bisa menggunakan filter chromakey atau istilah nya greenscreen. Jadi latar yang belakang kita bisa ubah menggunakan video maupun gambar yang kita inginkan.

Ternyata cara setting OBS Studio mudah bukan. Jika ada yang masih penasaran bisa langsung ke kolom komentar yaa.

Terima kasih sudah membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *