Trik Perpanjang SIM A dan C Online lancar

error sim online

Saya mau berbagi pengalaman tentang perpanjangan sim A dan C secara online. Pengalaman ini cukup unik dan rada tricky, karena sempat hampir menyerah proses perpanjangan SIM online ini.

Sejak peluncuran aplikasi SIM Online yang dikenal dengan nama SINAR pada tanggal 13 April 2022 hingga saat terakhir saya memperpanjang sim masih bermasalah. Mengapa? Karena ketika saya melakukan perpanjangan SIM secara online, aplikasi stuck, tidak ada respon ketika saya menekan tombol selanjutnya.

Setelah mencoba beberapa kali akhirnya Perpanjangan SIM secara online berhasil. Berikut trik yang saya gunakan ketika perpanjangan SIM online.

Persiapkan Syarat Perpanjang SIM Online

Siapkan syarat syarat perpanjangan sim online terlebih dahulu agar ketika input ke aplikasi tidak perlu lagi menunggu tahapannya, Hal – hal yang perlu dipersiapkan adalah

  1. Hasil tes kesehatan
    Buka aplikasi erikkes di smartphone atau kunjungi https://erikkes.id kemudian isi data data yang diperlukan dan pilih rumah sakit yang akan dituju untuk melakukan test kesehatan.
  2. Lakukan tes psikologi
    Tes psikologi dilakukan melalui aplikasi eppsi atau kunjungi https://app.eppsi.id kemudian isi data terlebih dahulu, setelah selesai akan muncul notifikasi untuk melakukan pembayaran, setelah selesai silahkan melakukan tes psikologi di aplikasi tsb, kira kira ada 5 – 6 halaman soal, 1 halaman berisi 40 an butir soal.
  3. Foto Berkas
    Siapkan Foto KTP dan SIM yang akan diperpanjang
  4. Latar berwarna biru
    Latar ini nanti akan digunakan untuk pas foto.

Berada di tempat dengan koneksi internet cepat

Carilah tempat yang nyaman dan terutama dengan koneksi internet cepat, bisa menggunakan Seluler maupun ISP Fixed Broadband. Untuk melakukan pengecekan bisa akses speedtest.net

Hindari Jam Kerja Saat Registrasi

Jika memungkinkan hindari pada jam kerja saat perpanjangan sim online. Mengapa? Karena pengalaman saya kemaren, aplikasi stuck tidak ada response sama sekali di beberapa step, menunjukkan error pun tidak. Jadi saya menjadi bingung, ini harus diapakan.

error sim online

Kemudian saya mencoba kembali pada jam istirahat, waktu itu sekitar pukul 12.30 – 13.00 WIB. Dengan mengucap bismillah, step step dari awal sampai terakhir alhamdulillah lancar dan masuk ke tahap pembayaran. Tanpa babibu, langsung saya bayar dan kemudian muncul notif pembayaran sudah selesai.

Alhamdulillah perpanjang sim online telah berhasil dan memasuki tahap akhir, proses cetak dan proses pengiriman. Ternyata proses cetak dan proses pengiriman diluar ekspektasi saya, 1 hari setelah proses pembayaran selesai, hari berikutnya sim saya sudah datang, sangat memuaskan.

Jadi kesimpulannya adalah masih perlu banyak peningkatan kualitas aplikasi SIM Online sehingga customer experience user menjadi lebih baik lagi, meskipun ternyata proses cetak dan proses pengiriman sangat memuaskan.

Nah, cukup 3 saja trik dari saya tentang perpanjangan sim online A maupun C. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.